Contoh Kegiatan Rehabilitasi DAS

Posted On // Leave a Comment
Tujuan kegiatan Rehabilitasi dan Penanganan DAS adalah tercapainya optimalisasi rehabilitasi lahan kritis, peningkatan produktivitas hutan dan pemanfaatan hutan/lahan dengan tanaman bawah tegakan serta hasil hutan bukan kayu dengan dukungan bibit unggul, serta meningkatkan tutupan lahan dan daya dukung lahan pada Daerah Aliran Sungai (DAS).

cara membuat gully plug
Bagunan pengendali jurang (gully plug)

Adapun contoh kegiatan yang dapat dilakukan dalam rangka Rehabilitasi dan Penanganan DAS antara lain yaitu:
  1. Penanganan kanan kiri sungai, hulu DAS, dan Catchment Area Waduk secara vegetatif contoh-nya dengan penanaman tanaman serba guna dan/ bibit pohon misalnya jenis Bambu, Albasia, Aren, Durian, Pinus, Sirsak, Alpukat, dll atau sesuai kondisi tanah.
  2. Melaksanakan konservasi tanah dan air secara sipil teknis contoh-nya dengan membuat bangunan sumur resapan dan gully plug.
Teknis pelaksanaan lapangan pada kegiatan tersebut akan lebih baik dan tidak menemui masalah jika:
  1. Tersedia kelengkapan fasilitasi berupa pupuk dan upah tenaga kerja untuk persiapan, penanaman dan pemeliharaan serta harga bibit sesuai dengan spesifikasi & standar anggaran/dana.
  2. Ada kesepakatan dengan masyarakat sekitar bahwa tanaman dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar dan sebagai komitmen terhadap pelestarian DAS, harus ada tanaman yang ditinggalkan untuk fungsi konservasi. Karena tanaman yang ditanam harus dapat memberi manfaat ekologi, ekonomi, dan sosial.
cara membuat sumur resapan
Sumur resapan

0 komentar:



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...